Banyak cara yang dilakukan oleh para pedagang kaki lima dalam meningkatkan keuntungan dalam berjualan di pinggir jalan. salah satunya adalah dengan memanfaatkan kegiatan Bazar. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia, bazar adalah pasar yang sengaja diselenggarakan untuk jangka waktu beberapa hari; pameran dan penjualan barang-barang kerajinan, makanan, dan sebagainya yang hasilnya untuk amal, atau disebut dengan pasar amal. Namun dalam perkembangannya bazar menjadi semacam pasar kaget, nilai nilai amal dalam bazar sudah semakin menipis. Sehingga yang muncul adalah suatu kegiatan pasar sementara yang dilakukan untuk even tertentu oleh sebuah instansi, perusahaan, atau pemerintahan. Bahkan saat ini bisa menjadi ajang promosi dan branding sebuah produk untuk diperkenalkan kepada masyarakat.
Ada juga bazar kuliner, disinilah berbagai pedagang kuliner menjajakan jenis dagangannya seperti bazar kuliner Ramadhan untuk menyediakan makanan khas buka puasa atau bazar bazar kuliner lainnya.